Thursday, February 26, 2015

Anak batuk, pilek atau demam?

0

Paling sedih kalo anak lagi sakit ya moms. K, seperti anak kebanyakan, kalo sakit jadi rewel, moody, ngambek makan, bobonya ga nyenyak bahkan sampe ngelindur dll. Kadang kita nya sendiri juga jadi ga bisa ngapa-ngapain. K kalo sakit maunya nemplok terus sama mommynya jadi biasanya kalo K udah sembuh gantian mommy nya yang tepar hi hi hi..




Dari kecil kalo K sakit saya tidak langsung bawa ke dokter makanya bisa diitung pake jari tangan frekuensi doi ke dokter. Biasanya 3 - 4 hari pertama sakit saya home treatment dulu, kalo memang belum berkurang baru deh saya angkut ke dokter.

Emang ga khawatir ya kalo anak sakit ga langsung ke dokter? Ya khawatir pasti, tapi saya selalu (berusaha) tenang dan saya percaya kalo anak saya pasti sembuh, lagi pula anak pun jadi lebih tenang kalo liat mommynya tenang & ga panik.
Coba bayangin kalo pas kita lagi sakit trus liat mommy kita panik pasti kita ikut panik juga kan.

Prinsip saya sejak punya K adalah segala sesuatu diusahakan yang alami terlebih dahulu. Demikian juga ketika sakit saya kasih obat alami dahulu baru obat kimia. Bukan apa-apa sih dokter zaman sekarang dikit-dikit kasi antibiotik. Emang kalo penyakit gara2 virus bisa sembuh sama antibiotik?

Di postingan ini saya bahas penyakit umum yang sering banget dialami anak umumnya bayi & balita. Saya sharing ini berdasarkan pengalaman saya ngadepin K sakit. Jadi jangan protes kalo nanti ikut cara saya tetapi anak anda ga sembuh-sembuh. Tiap anak beda-beda, yang tau bagaimana anak anda ya anda sendiri sebagai ibu atau bapaknya :).


BATUK & PILEK

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.



Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Lengkapnya bisa dibaca http://id.wikipedia.org/wiki/Batuk

Pilek biasanya datang satu paket dengan batuk, tetapi batuk tidak selalu disertai pilek misalnya di batuk kering.

Kalo K batuk berdahak atau pilek saya cuma kasi madu dan atau jeruk nipis atau lemon. Itu aja biasanya dia akan muntah ngeluarin dahaknya. 
Untuk batuk kering cukup madu saja untuk mengurangi gatal di tenggorokan.

Madu yang saya pakai sekarang madu uray. Alhamdulillah K cocok pake madu ini dan ga pake acara mencret sebelumnya. Bukan promosi ya tetapi memang berdasarkan pengalaman sendiri.
Sedangkan untuk batuk alergi (K alergi susu sapi) ada beberapa penyembuhan:

  1. dijemur di panas matahari pagi 
  2. dibawa ke pantai di pagi hari
  3. ketika bobo di kamar ditaruh panci berisi air mendidih + garam laut, lebih bagus lagi pake humidifier
Perlu diingat kalo batuk & pilek disebabkan oleh virus yang biasanya menyerang ketika daya tahan tubuh kita lemah yang biasanya akan berkurang dalam 4-7 hari. Kalo memang terpaksa membawa anak ke dokter tidak perlu minta antibiotik ya kecuali kalo ada radang nya. Kita sebagai orang tua harus aktif nanya ke dokter jangan hanya pasrah dikasih resep.
Prinsip saya ketika K batuk pilek ya ditingkatin daya tahan tubuhnya biar virusnya kalah. Susahnya kalo anak sakit biasanya susah makan, hal ini normal yang penting harus banyak minum, kalo perlu dikasi multivitamin ketika sakit untuk nge-boost biar menang lawan virus. 


DEMAM

Demam pada anak umumnya merupakan mekanisme tubuh melawan infeksi, entah itu infeksi karena virus ataupun bakteri. Dikatakan demam ketika suhu tubuh di atas 380C. Ngukurnya pake termometer ya jangan pake tangan karena lebih akurat. 

Biasanya K saya kasi obat penurun panas parasetamol ketika suhunya 390C. Saya pake tempra atau sanmol tergantung apa yang ada di lemari obat.
Pemberian parasetamol harus sesuai dengan berat badan anak ya, jangan ngikut di kardus kemasan. 
Untuk lebih jelasnya bisa googling atau tanya ke dokter;)

Ada beberapa cara yang saya pakai kalo K lagi demam dan biasanya sih manjur tanpa parasetamol ( di bawah 390C)

  1. Mandiin atau ngerendam anak di air hangat
  2. kompres panas, untuk demam jangan kompres dingin ya, salah kaprah itu jadi jangan beli bye bye fever & the genk
  3. Oles dada, punggung, kaki & tangan dengan campuran bawang merah+minyak kayu putih/minyak telon
Cara-cara di atas cukup ampuh untuk pengobatan K. Saya bukan sok pintar dengan tidak membawa K ke dokter tetapi saya akan mengusahakan home treatment terlebih dahulu sebelum membawa anak saya ke dokter karena sampai saat ini saya punya beberapa pengalaman buruk dengan dokter jadi sebisa mungkin meminimalisir kontak dengan mereka jika memang gejala sakitnya tidak terlalu berat.

Akhir postingan, saya doakan semoga keluarga kita selalu sehat & anak-anak indonesia selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT dan dapat menjadi generasi Indonesia yang membanggakan.
Amin.

0 comments:

Post a Comment